Rabu, 18 April 2012



riview jurnal
    jurnal tersebut menjelaskan tentang keseimbangan antara asam2 amino esensial pada pakan dengan asam2 amino esensial yang dibutuhkan pada tubuh ikan. Kebutuhan jenis dan jumlah asam amino pada ikan berbeda2 tergantung jenis, umur, berat, dan komposisi protein pada pakan. Pakan ramah lingkungan merupakan pakan yang kandungan protein khususnya unsur N tidak banyak terbuang melalui fases. pakan ideal merupakan keseimbangan antara asam amino  yang diperlukan untuk pertumbuhan. jika AA rendah maka AA tidak dapat digunakan oleh ikan. Sebaliknya jika AA berlebih maka akan menekan kadar AA yang lain sehingga produksi dan pertumbuhan ikan terganggu. Kualitas pakan pada ikan ditentukan oleh komposisi bahan, sumber bahan, daya cerna, jumlah, keseimbangan berbagai AA.
     Ikan yang konsumsi protein dalam jumlah melebihi kebutuhan sintesis tubuh maka tidak disiman ditubuh. Melainkan kelebihan protein tersebut dihidrolisis menjadi AA yang di deaminasi  menjadi gugus AA kemudian diekskresi menjadi amoniak dan residu CO2 melalui siklus asam trikarboksilat yang menghasilkan energi atau sebagian diubah menjadi lemak dan karbohidrat.
      Peristiwa antagonisme adalah gejala yang mempengaruhi keseimbangan antara AAE dan AanE. Konsep protein ideal adalah AAE yang diperlukan untuk mencapai pertumbuhan max dan performa yg optimal.Protein ideal berperan dalam menenntukan kebutuhan nutrisi dlm pembuatan pakan karena memberikan rasio yang tepat antara AA yang diperlukan dengan N yang diekskresikan. Jumlah kebutuhan AAE ditentukan sebagai proporsi relatif satu dengan yang lainnya daripada proporsi relatif terhadap seluruh kebutuhan. Sehingga AAE sangat penting untuk menentukan komposisi kebutuhan pakan. Metode uuntuk menentukan kebutuhan AAE: 
1. Dose-respon. untuk menentukan bebutuhan optimal tiap 10 AAE yang diperlukan oleh tubuh.
2.   Konsep rasio A/E. membandingkan antara AAE (A) dengan jumlah total AAE (E).
3.   Konsep A/E x konsentrasi lisin/100. menentukan kebutuhan lisin minimal untuk pertumbuhan maksimal ikan.
    
      
    semoga bermanfaat,...
     


Tidak ada komentar:

Posting Komentar